Manfaat Sawi Untuk Tulang Keropos

Sawi Untuk Tulang Keropos
Sawi, salah satu sayuran berdaun hijau yang mengandung vitamin A dan K, carotene, flavonoid, dan antioksidan lainnya. Selain daunnya, biji sawi pun bisa diolah sebagai minyak yang digunakan sebagai bahan masakan.
Sebagaimana dilansir dari Nutrition and You, sawi sebenarnya masih berkeluarga dengan kubis, brokoli, kembang kol, dan lobak. Lantas apa saja khasiat makan sawi bagi kesehatan? Simak selengkapnya berikut ini.
  • Sawi sangat rendah lemak dan kalori (26 kalori pada setiap 100 gram sajian mentahnya). Namun sayuran berdaun hijau ini sangat kaya serat yang mengontrol kolesterol, menyehatkan pencernaan, dan mencegah penyakit kanker usus besar.
  • Kandungan nutrisi tertinggi dalam sawi adalah vitamin K. Fungsi dari vitamin ini adalah membentuk massa tulang yang mencegah osteoporosis atau tulang keropos dan menjaga kerusakan sel saraf dalam otak yang biasanya memicu penyakit Alzheimer.
  • Daun segar dari sawi merupakan sumber asam folat yang baik. Ibu hamil perlu banyak mengonsumsi asam folat untuk mencegah bayi lahir cacat.
  • Sawi kaya akan antioksidan yang menangkal radikal bebas dan menurunkan risiko serangan kanker payudara, prostat, usus besar, dan ovarium.
  • Vitamin lain dalam sawi adalah vitamin C. Dengan rajin mengonsumsi vitamin C, tubuh tidak akan mudah terserang flu dan demam.
  • Sawi juga mengandung vitamin A yang penting bagi kesehatan membran, kulit, dan mata.
  • Mineral lain dalam sawi adalah kalsium, zat besi, magnesium, kalium, seng, selenium, dan mangan.
  • Konsumsi sawi setiap hari dikaitkan dengan penurunan risiko penyakit radang sendi, osteoporosis, anemia, penyakit jantung, asma, kanker kolon, dan kanker prostat.

Sawi pada dasarnya bisa dinikmati dalam bentuk olahan masakan yang direbus atau ditumis. Namun hindari memanaskan kembali masakan berbahan sawi karena akan ada senyawa yang dikeluarkan dan membahayakan kesehatan.
Saat membeli sawi, jangan sampai memilih yang layu, memiliki bercak-bercak, dan warna daun yang berubah. Setelah membeli, segera simpan dalam lemari es atau lekas olah sayuran tersebut menjadi masakan untuk mendapatkan nutrisi secara maksimal.

Related Posts:

0 Response to "Manfaat Sawi Untuk Tulang Keropos"

Poskan Komentar