Makanan Yang Buruk Di Konsumsi Bagi Kesehatan Gigi

Makanan Yang Buruk Bagi Gigi
Makanan yang dikonsumsi ternyata memberi dampak besar bagi kesehatan. Selain memengaruhi kondisi tubuh, makanan juga berperan dalam menjaga kebersihan dan kesehatan gigi. Setidaknya ada tiga jenis makanan yang paling buruk bagi gigi. Simak selengkapnya seperti yang dilansir dari eHow berikut ini.
Makanan yang mengandung zat tepungMakanan ini sifatnya menambah plak pada gigi. Contoh dari makanan yang mengandung zat tepung adalah roti, keripik kentang,
kentang goreng, dan pasta. Buah kering seperti kismis juga bisa menempel pada gigi seperti makanan yang mengandung zat tepung. Untuk membersihkannya, Anda harus berkumur atau menggunakan benang gigi.
Makanan manisKetika mengonsumsi makanan manis, gula biasanya akan terus menempel pada gigi. Jika bercampur dengan plak, gula akan menghasilkan asam yang memicu lubang. Beberapa contoh makanan yang terlalu manis adalah permen, biskuit, kue, soda, dan teh manis. Jadi setelah makan makanan manis tersebut, jangan lupa minum segelas air untuk membilas gula atau segera gosok gigi sampai bersih.
Makanan asamMakanan yang rasanya terlalu asam bisa mengikis enamel yang melindungi gigi. Akibatnya, gigi lebih rentan terkena lubang. Tomat dan jeruk memang menyehatkan, tetapi keduanya adalah termasuk contoh makanan yang asam. Jadi hat-hati saat mengonsumsinya.
TipsMasalah pada gigi sebenarnya bisa dihindari. Berikut ini ada beberapa tips yang bisa dijalani.
  • Menggosok gigi dua kali sehari dan membersihkan gigi dengan benang gigi sekali sehari.
  • Mengunyah permen karet bebas gula setelah makan.
  • Batasi konsumsi teh dan kopi agar warna gigi tetap putih cemerlang.
  • Hindari kebiasaan mengunyah es batu karena hal itu membahayakan enamel gigi.
  • Jangan malas makan buah dan sayur untuk membersihkan gigi.
  • Jangan malas mengonsumsi makanan dan minuman berkalsium tinggi untuk memperkuat gigi.

Itulah berbagai jenis makanan yang paling buruk bagi gigi serta tips untuk menjaga kesehatan gigi. Semoga bermanfaat.

0 komentar:

Poskan Komentar

Entri Populer