Bahaya Gula Bagi Kesehatan Tubuh

Gula Bagi Kesehatan Tubuh
Konsumsi gula berlebih bisa meningkatkan berat badan. Hal itu memang jelas. Namun ada banyak ancaman lain dari gula bagi kesehatan tubuh. Apa saja? Simak selengkapnya seperti yang dilansir dari Huffington Post berikut ini.
JantungSebuah penelitian baru-baru ini menyebutkan bahwa konsumsi gula berlebih mampu mengganggu mekanisme jantung dalam memompa darah. Sehingga jika hal itu dibiarkan, gula sama saja dengan meningkatkan risiko gagal jantung.
Lemak di perutKasus obesitas semakin meningkat karena banyak orang menjalani gaya hidup yang tidak sehat, salah satunya adalah konsumsi gula berlebihan. Gula memang berperan sebagai salah satu penyebab utama lemak tertimbun di lingkar pinggang dan perut.
Pembunuh diam-diamBukan cuma garam dan tekanan darah tinggi yang bisa membunuh diam-diam, gula juga sama. Sebab ketika orang mengalami kegemukan akibat gula, sebagian besar dari mereka menganggapnya wajar. Padahal jika dibiarkan, ada banyak penyakit yang mengancam.
KankerKonsumsi gula dalam jumlah tinggi sama dengan kesempatan bertahan hidup yang relatif rendah bagi para penderita kanker, khususnya kanker payudara dan kanker usus besar.
KecanduanSifat gula begitu buruk, hampir sama dengan alkohol yang bisa membuat seseorang kecanduan. Ketika gula ditinggalkan, 'pecandu' akan terus merasa lapar dan ingin makan gula lagi.
HatiPenelitian lain tahun lalu juga membuktikan bahwa gula dan alkohol punya efek yang sama bagi hati, yaitu bersifat racun. Fungsi hati bahkan bisa mengalami gangguan dan kerusakan akibat konsumsi gula berlebihan.
OtakBahaya lain dari gula bagi kesehatan tubuh bisa dilihat dari kondisi otak. Sebuah penelitian pada tahun 2009 pun membuktikan kalau konsumsi gula berlebih berkaitan erat penuaan sel-sel dalam otak.
TersembunyiBeberapa makanan memang tidak punya rasa manis, seperti saus tomat sampai roti. Namun ternyata gula bisa saja bersembunyi di dalamnya. Oleh sebab itu konsumsi makanan harus selalu diperhatikan.
UsiaSekitar 180.000 kematian di dunia diduga dikarenakan oleh konsumsi berpemanis, demikian menurut penelitian terbaru. Tidak heran, sebab gula memang berhubungan dengan risiko penyakit jantung, kanker, dan diabetes.
DiabetesInilah bahaya gula yang paling sering disebutkan oleh para ahli, diabetes. Gula berlebih mengganggu sistem insulin, sehingga konsumsinya yang tidak dikontrol mampu meningkatkan diabetes tipe 2.
Itulah berbagai bahaya gula bagi kesehatan tubuh. Meski gula dibutuhkan, namun jangan sampai mengonsumsinya secara berlebihan.

Related Posts:

0 Response to "Bahaya Gula Bagi Kesehatan Tubuh"

Poskan Komentar