Kenali Gejala Penyakit Maag

Gejala Penyakit Maag
Sakit Maag atau radang lambung atau juga disebut tukak lambung merupakan gejala penyakit yang menyerang lambung dikarenakan oleh terjadi luka atau peradangan pada lambung yang menyebabkan sakit, mulas, dan perih pada perut. Sakit maag merupakan penyakit yang bisa menyerang siapa saja, hal ini bisa terjadi karena pola makan yang tidak teratur sudah menjadi bagian dari gaya hidup seseorang, jenis makanan, waktu makan (terlambat makan), bahkan stres juga dapat mempengaruhi meningkatnya kadar asam lambung dalam tubuh. Pada umumnya penyakit maag ini muncul dengan gejala yang beraneka ragam, berikut ini beberapa gejala sakit maag yang biasa dirasakan penderita.
Gejala sakit maag yang sering diderita adalah Nyeri Pada Lambung. Hal ini disebabkan oleh luka pada lambung maka akan timbul rasa nyeri yang sangat pada
perut, rasa sakit berlangsung beberapa menit ketika kita telat makan, serangan terjadi bisa hanya beberapa menit bisa juga beberapa jam dan rasa nyeri datang tiba-tiba. Jika perut anda kosong sakit maag akan mudah datang, atau salah makan yang menyebabkan maag kambuh, seperti asam, pedas dll.
Gejala sakit maag berikutnya adalah Muntah Darah. Gejala maag yang satu ini termasuk gejala penyakit maag yang berat, itu dikarenakan ulkus lambung, segeralah lakukan periksakan ke dokter agar cepat di tangani secara baik. Gejala sakit maag lainnya perut Mual dan Muntah, hal ini dikarenakan lambung mengalami luka maka akan timbul rasa mual dan muntah, tetapi ketika sudah muntah rasa sakit akan lebih baik. Gejala sakit maag lainnya Buang air besar terasa sakit, jangan remehkan ketika anda susah buang air besar, bahkan terasa sakit, karena itu juga termasuk gejala penyakit maag.
Gejala penyakit maag atau gastritis selanjutnya Sering Merasa lapar, Ketika nafsu makan anda bertambah atau sering merasa lapar itu jangan dianggap remeh, karena ketika lupa pada lambung parah akan membutuhkan makanan yang terus untuk diolah pada lambung. Gejala lainnya perut terasa kembung, luka pada lambung bisa mengakibatkan kembung atau juga masuk angin, perut terasa tidak nyaman karena banyak angin yang masuk. Gejala lainnya Sering bersendawa dan Perih pada dada dan perut.
Cukup sulit untuk mengobati penyakit maag ini, tetapi jika kita mau berusaha pasti bisa disembuhkan. Caranya yaitu dengan menghindari beberapa hal yang dapat memicu terjadinya penyakit maag tersebut di atas. Intinya cobalah mulai menjalani pola hidup yang sehat. Nah, itulah sekilas mengenai gejala sakit maag secara umum mudah-mudahan bermanfaat.

Ciri-Ciri Menderita Penyakit Maag


Kenali sejak dini ciri-ciri dari Penyakit Maag menyerang tubuh kita, Penyakit maag bisa menyerang seseorang dengan memperlihatkan gejala-gejala sakit maag atau juga yang tidak sama sekali terlihat gejalanya. Bagi sebagian orang gejala dan ciri-ciri menderita penyakit maag terlihat jelas, namun ada pula ciri-ciri menderita penyakit maag tidak nampak. Secara  umum ada banyak sekali yang terlihat dan dirasakan oleh penderita penyakit maag diantaranya yaitu rasa nyeri pada perut bagian atas atau sekitar ulu hati, selain itu penderita akan merasakan sensasi rasa panas seperti terbakar, banyak sekali kejadian penderita sakit maag mengeluh sakit, ada pula yang merasakannya di sekitar pusar, depan atau belakang perut. Ciri-ciri lainnya yang dirasakan oleh penderita sakit maag perut melilit-lilit seperti diperas, adapula yang merasakan dinding-dinding perut perih seperti disayat-sayat benda tajam, saking sakitnya mereka menggambarkan seperti itu, ada juga yang menyebutkan seperti luka yang terkena cuka.

Ciri-ciri menderita penyakit maag lainnya bisanya penderita mengalami mual dan juga muntah, mual tidak sembarang mual, karena mual ini diikuti dengan muntah-muntah walau sepertinya perut tidak ada sesuatu lagi untuk dimuntahkan, muntah yang keluar biasanya berbau menyengat tidak enak dan berwarna putih kekuningan, ciri-ciri menderita penyakit maag  ini sangat umum terjadi apabila penderita maag sudah mengalami penyakit maag yang cukup lama atau disebut juga penyakit maag kronis. Ciri-ciri menderita penyakit maag lainnya yaitu kehilangan nafsu makan yang drastis, tidak hanya disatu waktu tidak nafsu makan, bisa dirasakan sepanjang hari atau bahkan berhari-hari, nafsu makan ini terhenti karena asam lambung yang meningkat.

Ciri-ciri lainnya sendawa yang tidak hentinya dan seperti mengalami masuk angin ini ciri yang banyak juga terjadi pada penderita penyakit maag, bahkan sering masuk angin, pedahal berbagai upaya untuk tidak masuk angin sudah dilakukan. Ciri-ciri lainnya adalah mengalami diare ketika buang air besar merupakan tanda atau ciri penyakit maag yang umum di masyarakat, biasanya penyakit maag ini dipicu oleh makanan seperti makanan pedas atau asam. Selain ciri-ciri menderita sakit maag di atas, adapula yang memiliki ciri-ciri penyakit maag dengan tinja yang menghitam, tinja yang dikeluarkan orang normal pada umumnya berwarna pucat kekuning-kuningan, apabila tinja sudah berwarna kehitaman, ini ciri-ciri menderita penyakit maag yang cukup parah, tinja menghitam ini adalah suatu pertanda bahwa dalam saluran pencernaan terdapat darah, atau dari luka saluran pencernaan.
Seperti yang kita tahu penyebab Penyakit Maag secara umum terjadi karena pola makan yang buruk, atau bahkan juga terdapat mikroorganisme atau bakteri yang merugikan, mengonsumsi obat-obatan tertentu, atau sebab-sebab lainnya seperti mengonsumsi alkohol, pola tidur yang tidak teratur dan stress. Penyakit maag juga bisa terjadi apabila si penderita telat makan, kemudian sewaktu makan si penderita maag makan dengan porsi yang terlalu banyak. Nah, itulah beberapa ciri-ciri menderita penyakit maag mudah-mudahan bermanfaat, dan bagi anda penderita sakit maag lakukanlah pengobatan secepat mungkin, jangan biarkan penyakit maag ini semain parah,

0 komentar:

Poskan Komentar

Entri Populer